Hak dan Kewajiban Peserta PKH

Dewi Jasmina
2017-04-13 08:19

Hak Peserta PKH

  1.  Mendapatkan bantuan uang tunai yang besarannya disesuaikan dengan ketentuan program.
  2. Mendapatkan layanan di fasilitas kesehatan dan pendidikan bagi seluruh anggota keluarga
  3. Terdaftar  dan  mendapatkan  program-program  komplementaritas  dan sinergitas penanggulangan kemiskinan Iainnya.

Kewajiban Peserta PKH:

  1. Kewajiban komponen kesehatan: (a) Peserta  PKH  wajib  memenuhi  persyaratan  kesehatan  yang  sudah ditetapkan dalam protokol pelayanan kesehatan b) Peserta PKH yang dikenakan persyaratan kesehatan adalah peserta yang memiliki ibu hamil/nifas, anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan SD.
  2. Kewajiban komponen pendidikan Peserta PKH yang memiliki anak usia 6-21 tahun diwajibkan untuk didaftarkan/terdaftar pada lembaga pendidikan dasar (SD/MI/SDLB/ Salafiyah Ula/Paket A, SMP/MTs/SMLB/Salafiyah Wustha/Paket B termasuk SMP/MTs terbuka, atau SMA/MA/Paket C termasuk SMA/MA terbuka) dan kehadiran minimal 85% dari hari belajar efektif setiap bulan selama tahun ajaran berlangsung. Apabila ada anak yang berusia 5-6 tahun yang sudah masuk sekolah dasar dan sejenisnya, maka yang bersangkutan dikenakan verifikasi bidang pendidikan.
  3. Kewajiban Komponen Kesejahteraan Sosial: (a) Penyandang disabilitas berat melakukan pemeliharaan kesehatan sesuai kebutuhan. Pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan melalui kunjungan ke rumah (home care). (b) Lansia melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai kebutuhan. Pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan atau mengunjungi puskesmas santun lanjut usia (jika tersedia). Lansia harus dipastikan mengikuti kegiatan sosial di fasilitas pelayanan kesejahteraan sosial melalui kegiatan day care dan mengikuti berbagai kegiatan yang dibutuhkan. Lansia yang mengalami kesulitan mengikuti day care dapat mengikuti kegiatan home care dengan pendamping lansia mendatangi ke rumah.  (Pedoman Pelaksanaan PKH Tahun 2016)



Anda tidak bisa mengirim komentar pada artikel ini